'Tempat Tidur' Tertua di Dunia Ditemukan

Bookmark and Share
Jendela Dunia - Manusia membuat diri mereka nyaman di kasur tanaman selama 77.000 tahun yang lalu, sebuah studi telah menemukan - dan yang mengejutkan adalah nenek moyang kita pandai mendapatkan tidur malam yang baik.

Para ilmuwan menemukan bukti awal tempat tidur yang terbuat dari batang yang dipadatkan dan daun di sebuah penampungan batu di Afrika Selatan. Setidaknya tiga lapisan yang berbeda di situs Sibudu terkandung sisa-sisa tempat tidur yang ditinggalkan oleh orang-orang yang tidur di sana antara 38.000 dan 77.000 tahun yang lalu - dan juga menyediakan tempat untuk tidur. Yang tertua dari tikar tidur itu diawetkan dengan sangat baik , yang terdiri dari batang fosil sedge dan daun tertutup oleh lapisan kertas tipis daun.

"Pemilihan daun ini untuk pembangunan tempat tidur, menunjukkan bahwa penduduk awal Sibudu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tanaman sekitar tempat penampungan, dan menyadari menggunakan obat mereka," kata ketua tim Profesor Lyn Wadley, dari Universitas Witwatersrand di Johannesburg.

Lapisan tanaman dipadatkan mungkin juga telah digunakan sebagai permukaan kerja, kata para peneliti yang melaporkan temuan mereka dalam jurnal Science. Penemuan ini 50.000 tahun lebih tua daripada contoh sebelumnya paling kuno tempat tidur diawetkan. Analisis menunjukkan tempat tidur itu berulang kali diperbaharui selama pendudukan penampungan batu. Hal ini juga menunjukkan bahwa setelah sekitar 73.000 tahun yang lalu, penduduk secara berkala membakar tempat tidur mereka setelah digunakan.

"Mereka menyalakan api digunakan pada tempat tidur, mungkin sebagai cara untuk menghilangkan hama," kata co-penulis Dr Christopher Miller, dari Universitas Tubingen di Jerman. "Ini akan mempersiapkan situs untuk pekerjaan masa depan dan mewakili sebuah penggunaan roman api untuk pemeliharaan situs pendudukan." Lapisan tempat tidur menjadi lebih padat dari sekitar 58.000 tahun yang lalu dan seterusnya, menunjukkan peningkatan populasi. Ini terjadi tidak lama sebelum manusia modern awal mulai memperluas keluar dari Afrika untuk menjajah Eropa dan Asia.

Sumber : http://english.kompas.com/read/2011/12/09/09513859/Worlds.Oldest.Beds.Found

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment