4 Tanda Fisik Stres Kronis

Bookmark and Share
Jendela Dunia - Siapapun bisa mengalami stres. Baik karena masalah pribadi, keluarga ataupun pekerjaan. Anda pun mungkin dengan mudah menyadari saat mengalami stres. Namun ketika kadar stres sudah sangat tinggi, bisa jadi Anda malah menganggapnya sebagai masalah fisik. Pasalnya, ketika stres menjadi kronis, akan berdampak pada kondisi fisik. Menurut Stevan E. Hobfoll, PhD, Ketua Departemen Ilmu Perilaku di Rush University Medical Center, jika Anda mengalami gejala fisik berikut, bisa jadi tanda kalau sedang dalam stres parah.

1. Haid lebih sakit atau telat Hasil penelitian dari Harvard University, Amerika Serikat, wanita yang sedang stres akan mengalami rasa sakit saat haid dua kali lebih parah dibandingkan mereka yang tidak sedang dalam kondisi stres. Menurut peneliti, seperti dilansir dari Prevention, ini bisa jadi karena stres memicu ketidakseimbangan hormon. Kondisi tersebut juga bisa membuat haid Anda telat.

2. Nyeri pada rahang Nyeri pada rahang bisa jadi pertanda kalau Anda sering menggertakan gigi. Ini biasanya terjadi saat tidur atau ketika dalam tekanan, dan akan semakin sering saat sedang stres. Saat menahan emosi, ada beberapa orang yang diam saja sambil menggertakan gigi.

3. Jerawat timbul di mana saja Menurut Gil Yosipovitch, MD, dermatolog dari Wake Forest University, stres meningkatkan risiko inflamasi yang memicu tumbuhnya jerawat pada orang dewasa. Hormon stres ini akan membuat jerawat lebih mudah tumbuh dan bukan hanya di area tertentu saja, tapi juga di bagian tubuh yang sebelumnya tak pernah ditumbuhi jerawat.

4. Gusi berdarah Menurut analisis pada 14 penelitian, seseorang yang sangat stres memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Tingkat stres yang tinggi dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Ini memungkinkan bakteri lebih mudah untuk menyerang gigi dan gusi.

Sumber : http://kosmo.vivanews.com

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment