Tips Mengatasi Stres Akibat Pekerjaan Yang Menyebalkan

Bookmark and Share
Pekerjaan anda menyebalkan? Anda bukan satu-satunya manusia di dunia ini yang mengeluh tentang pekerjaan anda. Banyak dari karyawan-karyawan seperti anda yang sebal dengan pekerjaannya. Kejenuhan / Kebosanan, Lingkungan kerja yang tak mendukung dan faktor-faktor lainnya yang membuat anda sebal adalah sesuatu yang biasa dihadapi seorang karyawan. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mencoba tips-tips berikut yang mungkin dapat membantu anda mengatasi pekerjaan yang menyebalkan setiap hari.


Cari Hal Menyenangkan Saat Bekerja
Tak seorang pun yang senang bekerja seharian di kantor, karena itu sisipkanlah sedikit waktu senggang di tengah kesibukkan Anda. Misalnya dengan mengecek email, mendengarkan music (bila memungkinkan). Gunakan makan siang ke tempat yang menyenangkan, atau sekedar mendinginkan pikiran dengan bermain game di computer. Intinya, carilah sedikit kesenangan dari kesibukkan dan kejengkelan Anda bekerja seharian.

Cari Waktu Untuk Diri Sendiri
Sejujurnya, saran terbaik yang bisa diberikan –diluar seberapa bencinya Anda dengan pekerjaan Anda saat ini, adalah dengan melupakan semuanya dengan tidur, makan dan kerja. Lakukanlah kegiatan yang memang sangat Anda sukai setiap pagi, apa saja selain kerja dan membaca Koran. Sehingga Anda akan terbangun dengan motivasi baru untuk melakukan hobi Anda, daripada sekedar bangun untuk ‘terpaksa’ bekerja.

Humor
Banyak ahli yakin bahwa humor mampu mencairkan berbagai situasi yang kaku dan tegang, tertawa juga bisa membantu Anda memandang sesuatu dengan cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Atau tontonlah film komedi yang bisa membantu Anda tertawa, daripada melihat film drama dan berita. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa, tertawa dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormone endorphine yang berefek memberikan ketenangan hati.

Organisir Aktivitas Kerja
Jika Anda sudah benar-benar bosan dan jenuh dengan pekerjaan Anda, ada kemungkinan kobosanan ini pun dirasakan oleh rekan Anda. Cobalah untuk bersama-sama mengatasinya, missal dengan melakukan aktivitas bersama sepulang kerja atau merencanakan kegiatan dengan mengikutsertakan semua karyawan.

Tetap Sabar
Apapun yang tengah terjadi pada diri Anda, tetaplah bersabar dan sebisa mungkin menahan diri saat di kantor (terutama bila keluhan itu lebih ke masalah kehidupan pribadi Anda). Selain mencoba mengeluarkan keluhan Anda, jangan lupa pula untuk terus mencari kemungkinan lowongan kerja baru.

Fokuskan Kehidupan Di Luar Kantor
Jika Anda bekerja selama 8 jam sehari, 8 jam untuk tidur, maka tinggal 8 jam saja yang Anda miliki untuk kehidupan pribadi Anda. Bila Anda merasa pekerjaan sudah banyak mencuri waktu tersisa tersebut, jangan ragu untuk mencurinya kembali. Fokuskan keinginan Anda di waktu pribadi Anda ini, selama pekerjaan Anda tidak terbengkalai, tak ada yang akan melarang Anda.

via tipsanda

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment