7 Tips Agar Dapat Hidup Sampai Umur 100 Tahun

Bookmark and Share
Dari artikel yang saya posting sebelumnya tentang pelari maraton tertua di dunia yang berumur 100 tahun, kali ini saya mem-posting sebuah artikel tentang 7 tips agar dapat hidup sampai umur 100 tahun. Memang yang namanya umur adalah rahasia Tuhan, namun tips ini hanyalah sebuah informasi atau cara untuk memberikan peluang agar kita tetap sehat di usia yang tua. Dikutip dari detikhealth, 7 tips tersebut adalah :

1. Olahraga
Dengan berolahraga rutin, akan menjaga fisik anda agar tetap bugar dan menghindarkan anda dari resiko kegemukan, penyakit jantung, diabetes, kanker dan berbagai macam penyakit lainnya. Secara pengertian sederhana, salah satu penyebab kematian adalah penyakit, maka jika olahraga dapat menghindarkan resiko dari penyakit, tentunya akan membuat peluang hidup kita lebih lama.

2. Jaga berat badan ideal
Berat badan ideal pada masing-masing orang tidak sama, tergantung berapa tinggi badannya. Berat badan dikatakan ideal jika menghasilkan Indeks Massa Tubuh (IMT) 18,5-22,9 Kg/m2 jika dihiting dengan rumus sebagai berikut: IMT = Berat badan (kg) : Tinggi badan dikuadratkan (m2). Seseorang dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas jika memiliki IMT 23-29 kg/m2 dan dikatakan obesitas jika memiliki IMT di atas 30 kg/m2. Berbagai penelitian menunjukkan, obesitas dapat mengurangi usia harapan hidup hingga 4 tahun.

3. Mengendalikan kadar kolesterol
Kolesterol dengan kadar yang tinggi dapat menyebabkan kerak di dinding pembuluh arteri atau nadi yang. Hal itu dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah sehingga memicu terjadinya serangan jantung. Dengan melakukan tes darah secara rutin, anda dapat mengetahui dan mengendalikan kadar kolesterol sehingga anda akan tahu apa yang sebaiknya anda lakukan.

4. Hindari dan mengendalikan diabetes 
Diabetes atau kencing manis merupakan gangguan metabolisme karbohidrat yang membuat tubuh tidak mampu mengontrol kadar gula darah. Dalam jangka panjang, gangguan ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung, memicu komplikasi pada mata dan pada laki-laki bisa menyebabkan impotensi. Kadar gula darah dikatakan normal jika angkanya 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur setelah puasa atau tidak makan selama 8 jam. Kadar gula darah yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal jika berkisar antara 70-145 mg/dL, sedangkan jika mengabaikan jadwal makan maka rentang normalnya adalah 70-125 mg/dL.

5. Diet sehat
Diet sehat adalah diet yang dimaksudkan mengatur menu makanan anda. Anda dianjurkan untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang seperti buah dan sayuran serta makanan yang mengandung vitamin dan serat.

6. Hindari dan kurangi rokok
Kebiasaan merokok diklaim memicu 90 persen kematian pada penderita kanker paru, 80 persen kematian pada bronkitis dan emphysema, serta 17 persen kematian akibat serangan jantung. Orang yang berhenti merokok, dalam seketika akan mengalami penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

7. Ukur dan kendalikan tekanan darah
Tekanan darah tinggi kadang-kadang tidak menimbulkan gejala sehingga disebut silent killer karena bisa meningkatkan risiko stroke sebesar 40 persen dan serangan jantung sebesar 25 persen. Selain itu, tekanan darah tinggi yang tidak tertangani juga mempercepat kerusakan otak dan memicu demensia atau pikun. Tekanan darah yang normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg. Kurang dari angka tersebut digolongkan sebagai tekanan darah rendah atau hipotensi, sedangkan jika lebih tinggi disebut hipertensi atau tekanan darah tinggi.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

SEO Maju Jaya said...

bisa berhasil tah gan???
Obat Kolesterol

Post a Comment